HSP: Pemuda Adalah Tongkat Peradaban

Like and Share:
Penulis
Masyhur S Borut

Mahasiswa F. Hukum dan Pengurus BEM UIC Jakarta

SUMPAH PEMUDA

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Jauh sebelum Indonesia di proklamasikan kemerdekaannya, para pemuda dari seluruh penjuru negeri melakukan satu terobosan dengan komitmen untuk menyatukan semua elemen bangsa.

28 Oktober 1928 adalah momentum paling berarti dalam sejarah manis perjalanan bangsa Indonesia. Semangat kemerdekaan dengan daya dorong kuat untuk melakukan satu perubahan menjadi komitmen perjuangan kaum Pemuda.

Kala itu semangat kaum Pemuda untuk bangkit dan bersatu bermula dari perbudakan kaum penjajah terhadap bangsa kita.

Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa adalah Ikrar suci kaum pemuda untuk mencapai satu tujuan yaitu membebaskan perbudakan bangsa Indonesia dari genggaman penjajah.

Jika kita selami kondisi pemuda saat ini, seakan telah hilang Orientasinya, jiwa apatis terus menjarah hingga ke Ruang-ruang proses yang pada akhirnya mereka lupa bahwa mereka adalah Agen Peradaban bangsa yang harusnya di dalam dirinya tertanam samangat untuk berjuang melawan bentuk perbudakan dan pembodohan serta segala bentuk tirani di Negeri ini.

Sumpah Pemuda adalah semanagat pemersatu. Ia dapat diwariskan kepada pemuda pewaris peradaban saat ini. Semangat sumpah itu pula harusnya mejadi spirit perjuangan pemuda dalam menata masa depan bangsa pada episode hari ini, Besok dan seterusnya.

Ketika akhir bulan Sepetember kita kenang sebagai sejarah pahit saat tujuh Jendral menjadi korban skenario para penguasa dan kekejaman PKI, maka bulan Oktober kita kenang sebagai “Sejarah Manis” pemuda Indonesia menyatukan kekuatan dan menggaunkan persatuan untuk kejayaan Negeri.

28 Oktober 2019 Ikrar sumpah itu kembali bergemah di seluruh pelosok Tanah Air dan membakar semangat kaum pemuda untuk mengeratkan persatuan demi melanjutkan Khitah perjuangan para The Founding Fathers dan mewujudakan Cita-cita Bangsa Indonesia.

Al-Hams Qamarallah
Editor
Open chat
1
Silakan Chat
Salam, Ini Adalah Layanan Informasi dan Konsultasi Penerimaan Mahasiswa Baru UIC Jakarta. Silakan Ajukan Pertanyaan Anda di Sini!
Waktu Layanan: Pukul 09.00 d.d 21.00 WIB
Powered by